Rektor Dorong Dosen dan Mahasiswa Menulis

UMK - Rektor Universitas Muria Kudus (UMK), Dr. Suparnyo SH. MS., mendorong para dosen dan mahasiswa di lingkungan kampus yang dipimpinya untuk mentradisikan menulis dan juga melakukan penelitian-penelitian.

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Auditorium UMK, Rabu (31/8/2016). “Menulis adalah bagian dari upaya menerapkan ilmu yang telah diperoleh dalam perkuliahan. Sebaliknya, dosen mestinya bisa membimbing mahasiswa dengan baik, berbekal pengalaman yang dimiliki,’’ tegasnya.

Menurut Suparnyo, membiasakan menulis sangat penting, sehingga senantiasa perlu ditumbuhkan setiap saat. Apalagi, di tengah banyaknya kasus plagiasi yang terjadi di kalangan akademisi kampus. Manfaat yang akan didapat dari menulis juga tidak sedikit,’’ katanya.

Dia mengemukakan, untuk mencegah praktik plagiasi, UMK telah menerapkan sistem pencegahan plagiasi. ‘’Salah satu bentuknya, yakni dengan memberlakukan kebijakan pengecekan skripsi di UPT. Perpustakaan untuk memastikan tidak ada plagiasi,’’ tambahnya.

Sementara itu, terkait program PKM yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), terang rektor, UMK telah meraih predikat Madya. ‘’Artinya, UMK bukan lagi menjadi binaan. Prestasi ini harus lebih ditingkatkan. Mahasiswa jangan terburu-buru lulus cepat dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi saja, namun tingkatkanlah prestasi serta inovasi-inovasi terlebih dahulu,” pintanya.

Sementara itu, Prof. Ir. Djamasri Ph.D yang didaulat menjadi narasumber, dalam kesempatan itu berbagi tips dan trik di depan tak kurang 650 mahasiswa UMK agar proposal yang dibuat bisa lolos PKM hingga Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

‘’Untuk sukses dalam PKM, setidaknya mahasiswa harus mempunyai modal kepekaan yang tinggi terhadap masalah-masalah sosial sekitarnya, baik itu di dalam kampus maupun masyarakat secara luas,’’ tutur guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

Lebih lanjut dia mengemukakan, untuk membuat proposal PKM, mahasiswa harus kreatif, sensitif, dan peka terhadap persoalan sekitar. ‘’Dengan begitu, akan banyak ide (gagasan) yang kemudian bisa dituangkan ke proposal penelitian PKM,” paparnya. (Haris-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

   

        

     

Tajug

Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Karakter Gusjigang

Oleh H. Suparnyo

Gusjigang bukanlah kata yang asing bagi masyarakat Kudus. Ia adalah sebuah akronim yang telah menjadi spirit dalam kehidupan masyarakat Kota Kretek ini. Ngaji, Perilakunya Bagus, dan Pandai Berdagang (Gusjigang) telah menjadi “way of live” dinamika sosial kehidupan masyarakat.


Read More

Pengunjung

063741
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
54
48
584
62372
1369
2850
63741

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-13 11:33:51

Kami memiliki 16 tamu online

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

 

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Go to top