Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Ka. Prodi Magister Pendidikan Dasar
email : sri.utaminingsih@umk.ac.id

Sambutan Ketua Program Studi


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, berkat rahmat dan hidayahnya kita selalu senantiasa mendapat anugrah dariNya.
Program Studi Magister Pendidikan Dasar yang berada dibawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus berdiri pada tanggal 30 Desember 2015 berdasarkan SK MENRISTEKDIKTI Republik Indonesia Nomor 195/KPT/I/2015 dengan membuka 3 konsentrasi yaitu (1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (2) Manajemen Pendidikan Dasar, dan (3) Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Magister Pendidikan Dasar (MPD) FKIP Universitas Muria Kudus memiliki Visi Keilmuan yakni “Mengembangkan Pendidikan Dasar Berbasis Konstruktivisme untuk Menghasilkan Lulusan yang Berdaya Saing Global Berkearifan Lokal”. Visi tersebut mempunyai nilai-nilai unggul dalam kerangka kompetensi abad 21 yaitu membangun pengetahuan melalui pembelajaran bermakna dengan menggali potensi lokal, mengembangkan karakter, kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif.
Hingga saat ini Magister Pendidikan Dasar memiliki jumlah Mahasiswa kurang lebih 272 mahasiswa dari beberapa bidang profesi dan telah meluluskan kurang lebih 472 mahasiswa.

Kurikulum yang diterapkan di Program Studi Magister Pendidikan Dasar adalah berdasarkan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 49 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan tinggi, Program Studi Magister Pendidikan Dasar terdiri dari Matrikulasi dan 7 mata kuliah wajib serta beberapa matakuliah konsentrasi sehingga total keseluruhan 43 sks termasuk tugas akhir (tesis).
Pada saat ini program studi Magister Pendidikan Dasar FKIP Universitas Muria Kudus telah memperoleh Akreditasi dengan capaian B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tanggal 6 Februari 2018 dengan nomor Surat Keputusan : 401/SK/BAN-PT/Akred/M/II/2018. Saat ini Program Studi Magister Pendidikan Dasar tengah mengajukan Akreditasi kembali diharapkan mendapatkan nilai Unggul.
 
Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.